Gaya HidupOlahraga

Meningkatkan Keseimbangan, Dapat Memperpanjang Umur

×

Meningkatkan Keseimbangan, Dapat Memperpanjang Umur

Sebarkan artikel ini
Meningkatkan Keseimbangan. Image by Freepik
Meningkatkan Keseimbangan. Image by Freepik

Keseimbangan yang buruk sering dikaitkan dengan usia tua, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melakukan apa-apa untuk meningkatkannya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan keseimbangan Anda dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine menemukan bahwa orang dewasa yang berusia 65 tahun atau lebih yang memiliki keseimbangan yang buruk lebih berisiko meninggal dunia karena sebab apa pun dalam 10 tahun ke depan.

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal GeroScience, menemukan bahwa peningkatan keseimbangan dapat membantu mengurangi risiko jatuh dan patah tulang, yang merupakan dua penyebab utama kematian pada lansia.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keseimbangan Anda, seperti:

  • Olahraga teratur. Olahraga seperti tai chi, yoga, dan Pilates dapat membantu meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan Anda.
  • Latihan keseimbangan. Latihan keseimbangan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah termasuk berdiri dengan satu kaki, berjalan di garis lurus, dan menyentuh jari-jari kaki Anda.
  • Memperkuat otot-otot inti Anda. Otot-otot inti Anda membantu menopang tubuh Anda dan menjaga keseimbangan Anda. Anda dapat memperkuat otot-otot inti Anda dengan latihan seperti papan, sit-up, dan crunch.
  • Mengurangi faktor risiko jatuh. Ini termasuk menghilangkan penghalang dari lantai, memasang pegangan di kamar mandi, dan menggunakan sepatu yang pas.

Jika Anda memiliki keseimbangan yang buruk, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk meningkatkannya. Dokter Anda dapat merekomendasikan latihan khusus atau terapi fisik untuk membantu Anda.

Meningkatkan keseimbangan Anda dapat membantu Anda hidup lebih lama dengan mengurangi risiko jatuh dan patah tulang, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keseimbangan Anda, seperti olahraga teratur, latihan keseimbangan, dan memperkuat otot-otot inti Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *